THOLOS ( ALAT KOMUNIKASI MASA DEPAN )
 Tak lama lagi, fasilitas telewicara ( teleconference ) yang ada saat ini mungkin akan tampak kuno dan tidak lagi eksklusif. Karena sebuah perangkat teknologi baru bernama Tholos akan membuat setiap orang dapat melihat sepenuhnya dan berbicara langsung dengan orang atau lawan bicaranya yang berada di tempat yang terpaut jarak ratusan atau ribuan kilometer.


Orang yang mengembangkan system ini adalah Andreas Traint yang selama empat tahun terakhir telah memimpikan adanya system komunikasi jarak jauh itu. Traint, selaku kepala riset Tholos System, bersama timnya membuat prototype Tholos di Wina. Peralatannya asli berlayar raksasa saat ini masih berada dalam tahap pembuatan.


Untuk masa mendatang Sistem e-learning akan dijadikan alternative yang tepat untuk melakukan pembelajaran secara online, baik itu kursus maupun untuk meraih gelar.


Salah satu alat masa depan yang bisa membantu memperlancar kegiatan belajar secara online ini bernama Tholos,Tholos adalah sebuah alat komunikasi dimana akan membuat setiap orang dapat melihat sepenuhnya dan berbicara langsung dengan orang yang berada di tempat yang terpaut jarak ratusan atau ribuan kilometer.

Teknologi Tholos adalah perngkat gabungan televisi berlayar lebar dengan telepon. Sehingga dalam waktu bersamaan satu atau beberapa orang bisa saling berkomunikasi sekaligus melihat lawan bicaradengan utuh. Artinya, bukan hanya wajah saja yang terlihat namn dari ujung rambut keujung kaki.
 Tholos memanfaatkan layar silinder 360 derajat berukuran raksasa. Diameternya mencapai tujuh meter dan tinggi tiga meter. Layar Tholos dirancang untuk mampu menghasilkan gambar yang jernih dan simultan. Sehingga, diharapkan mereka yang berbicara mengunakan Tholos seakan merasakan pembicaraan secara langsung tak terpisah jarak ratusan bahkan ribuan kilometer.

Proyek Tholos adalah ambisi terbesar perusahaan teknologi Tholos System yang berbasis diWina, Austria. Teknologi Tholos adalah perngkat gabungan televisi berlayar lebar dengan telepon. Sehingga dalam waktu bersamaan satu atau beberapa orang bisa saling berkomunikasi sekaligus melihat lawan bicaradengan utuh. Artinya, bukan hanya wajah saja yang terlihat namn dari ujung rambut keujung kaki.


Memang, perangkat ini dalam tahun-tahun awalnya belum bisa menjadi alat rumah tangga seperti telepon. Dengan ukuran yang besar, Tholos hanya dipasang di ibukota. Tholos memanfaatkan layar silinder 360 derajat berukuran raksasa. Diameternya mencapai tujuh meter dan tinggi tiga meter. Layar Tholos dirancang untuk mampu menghasilkan gambar yang jernih dan simultan. Sehingga, diharapkan mereka yang berbicara mengunakan Tholos seakan merasakan pembicaraan secara langsung tak terpisah jarak ratusan bahkan ribuan kilometer.


Tholos menggunakan high definition television tecnology (HDTV) atau perangkat teknologi televisi berkemampuan tinggi untuk menampilkan gambar yang sempurna. Teknologi Tholos memanfaatkan layar proyeksi yang sudah jarang digunakan. Kameranya memiliki resolusi tinggi dengan layar televisi yang aman dari tindakan vandalisme seperti graffiti atau aksi corat-coret.


Pembukaan layer mekanis pada HDTV dihubungkan dengan kamera yang mengarah langsung ke objek. Kemudian layar proyektor menampilkan objek yang berada di negara lain. Sistem komunikasi Tholos masing-masing memiliki lima kamera dan lima layar proyektor. Setiap kamera akan saling berhubungan dengan Tholos di negara lain memanfaatkan serat optik berkecepatan tinggi. Sedangkan perangkat audio dengan 22 buah mikrofon dan pengeras suara di tempatkan di bagian samping Tholos.


E-Learning ( Sistem pembelajaran Online )


Dalam aplikasinya nanti, Tholos dapat digunakan dalam Sistem E-Learning yang merupakan sebuah layanan aplikasi bimbingan belajar secara online yang praktis dan efisien yang dipergunakan untuk membantu siswa/mahasiswa dalam proses pembelajaran.


Proses pembelajaran ini dapat dipergunakan kapan dan dimana saja dengan bimbingan langsung dari tenaga pengajar yang professional.


Tujuannya yaitu dengan berkembangnya zaman maka kebutuhan akan ilmu pengetahuan pun semakin besar, untuk itu layanan ini sangant cocok bagi siswa siswi yang ingin belajar secara praktis dan efisien.bimbingan belajar ini bisa dilakukan kapan dan dimana saja tanpa ada batas waktu dan tempat karena dapat diakses melalui komputer mereka dari seluruh dunia.


Dengan adanya e-learning ini maka kedepannya diharapkan agar seluruh siswa bisa memilih layanan ini sebagai alternative pilihan bimbingan belajar karena layanan ini sangat membantun dan mempermudah dalam proses belajar mengajar.


Layanan E-learning lebih bersifat umum yang bisa di akses oleh semua siswa maupun mahasiswa diseluruh dunia yang bisa dipilih oleh siswa/mahasiswa sesuai dengan kebutuhan mereka.


Ketersediaan perangkat


Ketersediaan perangkat saat ini yang mendukung Sistem E-Learning antara lain:


1.Adanya perangkat hardware yang ikut mendukung dalam mengakses E- Learning yang akan didapatkan, seperti computer, jaringan internet, dan sebagainya.


2.Adanya software yang ikut mendukung berupa aplikasi pendukung untuk mempermudah dalam membantu proses pembelajaran.


Misalnya: conversation melalui room chat atau forum, website, dan sebagainya.


3.Modul berupa buku dan materi dalam bentuk format (mis: pdf,word,power point), CD tutorial, dan sebagainya.


4.adanya hubungan dengan lembaga bimbingan belajar yang lain sebagai partnership.


5.database


Ketersedian info pendukung


Adanya ketersediaan info pendukung berupa dukungan dari departemen pendidikan mengenai pendidikan nonformal yaitu: Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.


Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.


Satuan pendidikan nonformal terdiri atas:


1. lembaga kursus,


2. lembaga pelatihan,


3. kelompok belajar,


4. pusat kegiatan belajar masyarakat, dan


5. majelis taklim, serta satuan pendidikan yang sejenis.


Aplikasi Yang Tersedia


http://www.elearners.com/ adalah salah satu lembaga kursus yang telah mengimplementasikan bimbingan belajarnya secara online.bahkan bukan Cuma sebagai media bimbingan belajar berupas kursus saja melainkan kita juga bisa mengambil gelar bachelor’s degres, master’s degres hingga doctoral degres secara online, dengan mengikuti jadwal dan kalender akademik yang telah ditentukan oleh pihak kampus.


Sumber:


Buku


Rochim H.Syaiful. 2009. Teori Komunikasi ( Perspektif, Ragam, & Aplikasi ).


Rineka Cipta : Jakarta.


Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi informasi. Bumi Aksara : Jakarta.


Internet


http://www.smka-smr.sch.id/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=265





0 Responses

Posting Komentar

  • Provinsi Kep.Bangka Belitung

    Provinsi Kep.Bangka Belitung

    Pengikut

    Mengenai Saya

    Foto saya
    Pangkalpinang, Bangka Belitung, Indonesia
    presenter news n host talkshow di tv lokal bangka belitung

    Kontak YM